Header Ads

Polres Sukabumi Kota Mulai Berlakukan Tiga Jenis SIM C

  
Kanit Regident pada Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota, Iptu Ghanda Syah Hidayat menjelaskan, mulai Sabtu (7/1/2017),  SIM (Surat Ijin Mengemudi) C untuk kendaraan roda dua di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota menjadi 3 jenis yakni SIM C, SIM C I, dan  SIM C II.

Pengelompokan SIM C ini berdasarkan kapasitas ukuran mesin atau CC dengan ketentuan SIM C untuk  kendaraan roda dua dengan ukuran mesin di bawah 250 CC, SIM C I untuk sepeda motor yang kapasitasnya antara 250 CC sampai dengan 500 CC, dan SIM C II untuk sepeda motor dengan mesin berkapasitas di atas 500 CC.

"Untuk biaya pembuatan tiga jenis SIM C tersebut sama yakni Rp100 ribu, sedangkan biaya perpanjangan Rp75 ribu," kata Iptu Ghanda Syah Hidayat.

Saat ini, Satlantas Polres Sukabumi Kota telah memiliki sejumlah petugas untuk menguji para pemohon SIM C tersebut. Para petugas ini memiliki sertifikasi serta persyaratan untuk menjalankan tugas sebagai penguji lapangan. Hanya saja khusus untuk pembuatan SIM C I dan SIM C II, Satlantas Polres Sukabumi Kota masih mengupayakan berbagai prasarana dan fasilitas yang salah satunya lapangan untuk menguji keterampilan berkendaraan.

Pada bagian lain Kanit Regident menerangkan seputar SIM untuk kendaraan roda 4 yakni SIM A, SIM B I, dan SIM B II. Untuk ketiga jenis SIM ini, biaya pembuatannya sama yakni Rp120 ribu, sedangkan biaya perpanjangan ditetapkan sebesar Rp80 ribu.

Untuk penyandang  disabilitas diberlakukan dua jenis SIM yakni SIM D dan SIM D I. Kedua jenis SIM ini biaya pembuatannya mencapai Rp50 ribu, sedangkan biaya perpanjangannya Rp30 ribu.


"Warga yang akan mengajukan permohonan SIM baru atau perpanjangan SIM, hendaknya datang langsung ke Polres Sukabumi Kota," ujar Iptu Ghanda Syah Hidayat. HENDRI TIAS

No comments

Powered by Blogger.